Arsip Medika

Senin, 18 Mei 2009

Anestesi - agen Oksida Nitrat

Oksida nitrat

Cara kerja: lihat keterangan di atas.

Cara pemberian: Hirup.

Indikasi: Oksida nitrat digunakan untuk mempertahankan anestesia (ketika digabungkan dengan agen-agen lain), dan untuk pereda nyeri atau analgesia (50% campuran di dalam oksgen: Entonox®).

Kontraindikasi: Pneumothorax: oksida nitrat terdifusi ke udara yang mengandung rongga-rongga tertutup, yang mengakibatkan peningkatan tekanan, dalam kasus pneumothorax, ini dapat menganggu kelancaranpernafasan.

Efek-efek samping: Oksida nitrat dianggap relatif bebas dari efek-efek samping. Efeknya kecil pada sistem kardiovaskuler dan respirasi. Akan tetapi belakangan ini juga diketahui bahwa ia menjadi faktor risiko supresi (penekanan fungsi) sumsum tulang.

Catatan terapi: Oksida nitrat tidak dapat membangkitkan efek anestesi bedah ketika diberikan secara terpisah atau sendirian, karena potensinya kurang. Ia biasanya dipakai sebagai gas pembawa agen-agen volatil (mudah menguap), karena sifatnya yang tidak mudah terbakar, yang memungkinkan konsentrasinya dikurangi. Sebagai campuran 50% di dalam oksigen, oksida nitrat adalah pereda nyeri yang baik, dan cocok digunakan untuk proses persalinan dan oleh para paramedis dalam menjalankan tugas mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

ads

Free Website Hosting